Cara Mendidik Anak Penakut

Cara Mendidik Anak Penakut – Takut merupakan suatu perasaan yang wajar dirasakan oleh semua orang, baik itu dewasa maupun anak kecil. Dan perasaan takut adalah reaksi dari spikologis atau kondisi mental yang merasa tidak aman atau terancam. Baru-baru ini kami akan melansir bagaimana menghadapi anak yang penakut dengan mudah. Tentu saja banyak sekali cara yang bisa kita lakukan seperti menyimak ulasan singkatnya berikut ini!

Cara Mendidik Anak Penakut 


Cara Mendidik Anak Penakut

Di sini kami akan mengajak Anda para orang tua untuk mengulas secara detail bagaimana cara mendidik anak penakut agar sianak bisa bersikap dewasa dan juga pemberani nantinya. Adapun beberapa informasi cara mendidik anak tersebut diantaranya:

Memberi Penjelasan Pada Anak


Untuk yang satu ini dalam cara mendidik anak penakut tentu saja ada baiknya Anda sebagai orang terdekat dari si anak untuk bisa memberikan penjelasan yang bisa dipahami oleh anak. Jika orang tua sudah mengetahui bagaimana dan mengapa anak takut maka upaya yang pas untuk mengatasi rasa takut pada anak bisa dimulai dari memberi penjelasan yang logis tentang sumber ketakutan anak. Coba untuk jelaskan kepada anak bahwa tidak ada apa-apa yang perlu ditakuti, namun jangan sampai rasa takutnya itu mengendalikan hidup anak dan membuat anak jadi tidak bisa melakukan apa-apa. Orang tua juga bisa menceritakan pengalaman mengenai ketakutan sendiri dan cara mengatasinya agar anak bisa mengambil contoh dari cerita tersebut.

Beri Nasihat Yang Benar


Untuk Anda dapat usahakan untuk tidak memarahi atau membandingkan anak dengan orang lain ketika dia sedang merasa takut. Apalagi jika sampai membuat anak merasa bahwa dirinyalah yang paling penakut diantara semua orang. Coba untuk Anda berikan penjelasan yang logis dan masuk akal mengenai ketakutan anak dan ajak dia untuk berusaha mengatasi dan menepis semua rasa takut tersebut secara perlahan. Sehingga si anak mampu untuk memberanikan dirinya sehingga dengan mudah dirinya mampu menjadi anak berani seiring waktu berjalan.

Jangan Mengejek dan Menakuti anak


Mungkin ada yang beranggapan bahwa jika diolok atau diejek maka si anak akan merasa malu dan mau berusaha mengatasi rasa takutnya sendiri. Akan tetapi cara tersebut sebenarnya tidak sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai, yaitu mengatasi rasa takut pada anak. Mengejek atau mengolok anak hanya akan membuatnya merasa rendah diri dan tidak memiliki motivasi untuk melawan rasa takutnya tersebut. Terlebih jika Anda menakut-nakuti si anak maka dengan mudah rasa berani yang sudah dibangun secara perlahan bisa hilang begitu saja. Maka dari itu usahakan untuk tidak melakukan hal tersebut kepada anak Anda dan gunakan cara mendidik anak penakut ini dengan benar.

Bangun Rasa Percaya Diri Anak


Di dalam beberapa situasi ketakutan yang sudah timbul dalam diri anak maka hal tersebut menyebabkan reaksi ketidakberdayaan anak. Atau anak akan takut untuk mencoba atau memulai suatu kegiatan. Dan biasanya anak yang mengalami hal ini salah satu penyebabnya adalah faktor orang tua yang terlalu proteksi terhadap anak sehingga anak tidak diberi kesempatan untuk belajar dan ketika saatnya harus menghadapi hal atau situasi tersebut.

Sering perkenalkan Anak Dengan Hal-Hal Baru


Cara mendidik anak penakut ini tentunya menjadi salah satu sumber ketakutan anak adalah perasaan asing terhadap suatu hal dank arena itu si anak harus banyak terbiasa dengan hal-hal yang baru. Merupakan tugas orang tua untuk banyak mengenalkan anak dengan berbagai hal yang belum diketahui anak. Dan mengenalkan hal yang baru kepada anak akan berguna untuk membuat anak tidak mudah terkejut atau merasa asing dan mudah beradaptasi dengan berbagai situasi.

Baca juga: Cara Mendidik Anak Sesuai Sunnah

Inilah beberapa hal yang wajib Anda ketahui akan berbagai cara mendidik anak penakut yang bisa Anda atasi nanti. Semoga tips parenting di atas bermanfaat :)
Facebook CommentsShowHide