Cara Mendidik Anak Sesuai Sunnah

Cara Mendidik Anak Sesuai Sunnah – Anak adalah karusnia bagi kedua orang tua maka dari itu proses mendidik anak menjadi bagian terpenting yang apabila salah dalam mendidik akan memberikan dampak buruk. Dampak buruk tersebut tentunya bagi kehidupan sang anak maupun kedua orang tuanya. Dan ada baiknya jika Anda mendidik anak dengan mengikuti syariat sunnah yang sudah ada. Untuk lebih jelasnya ada baiknya Anda langsung simak ulasan singkatnya berikut ini!

Cara Mendidik Anak Sesuai Sunnah


Cara Mendidik Anak Sesuai Sunnah

Berikut ini kami akan mengajak Anda para orang tua untuk mengulas sedikit tentang cara mendidik anak sesuai sunnah yang wajib untuk Anda terapkan sehingga bisa membuat anak menjadi baik. Adapun beberapa informasi cara mendidik anak tersebut diantaranya:

Perlakukan Anak Usia 0-7 Tahun Layaknya Seorang Raja


Dalam hal ini tentu saja Anda sebagai orang tua ingin sekali bukan mendidik anak Anda dengan cara yang benar? Dan tentu saja panutan yang baik dalam mendidik anak yaitu hanya dengan mengetahui cara mendidik anak sesuai sunnah. Dan kali ini kami akan memulai tahapan dari anak usia 0 – 7 tahun yang wajib Anda perlakukan layaknya raja. Pendidikan anak dalam keluarga dimulai sejak usia 0 lewat men-tahnik yang kemudian dilanjutkan dengan peran ayah yang sangat penting pada usia itu.
Didiklah anak layaknya seorang raja dengan ketulusan dan kelembutan karena hal itu sangat berpengaruh pada perilaku mereka kelak ketika dewasa. Di usia ini perlu bagi ayah untuk memberikan waktu yang berkualitas dengan menunjukkan kasih sayang dan keteladanan. Selayaknya memperlakukan seorang raja, sesibuk apapun kita kala ia memanggil hendaknya kita menghampirinya. Jangan menunggu sampai ia menangis atau berteriak lebih kencang. Hal tersebut karena kelak saat mereka dewasa mereka tidak akan menangguhkan panggilan

Perlakukan anak usia 7-14 tahun layaknya Seorang Tahanan


Cara mendidik anak sesuai sunnah apalagi untuk anak usia 7 hingga 14 tahun adalah dengan menanamkan disiplin, kejujuran dan juga sunnah adalah yang terpenting dalam iman kepada Allah SWT. Anak pada usia tersebut diberkahi dengan daya tangkap dan daya tiru yang luar biasa oleh karena itu selain menanamkan iman, mendidik anak pada usia tersebut secara islami. Tentunya para orang tua juga harus menjauhkan dari perilaku syirik, termasuk salah satunya mempercayai atau bermain main dengan ramalan bintang. Dilanjutnya dengan membiasakan bersyukur kepada Allah SWT pada saat kondisi lapangan maupun sulit perlu ditanamkan pada usia ini.

Perlakukan Anak Usia 14-21 Tahun Layaknya Seorang Kawan


Pada usia ini anak akan mengalami banyak perubahan dan usia ini adalah usia dimana anak tengah mengalami masa pubertas. Masa dimana mereka menginjak aqil baligh dan di usia ini sahabat Ali r.a mengajak para orang tua untuk memperlakukan anak sebagai seorang sahabat. Karena si anak akan membutuhkan seorang sahabat untuk diajak bercerita dan orang tua hendak tidak terlalu mengekang namun juga tidak melepaskan secara menyeluruh tentang apa yang akan mereka lakukan.

Dan cara mendidik anak sesuai sunnah ini orang tua memberikan mereka kebebasan selama masih tidak bertentangan dengan Quran dan As-sunnah agar mereka tidak jatuh pada hal yang salah dan tidak baik menurut syariat. Dan ada baiknya Anda membiasakan anak untuk bersabar dan tidak sombong atau membanggakan diri perlu lebih ditekannkan pada usia 14 hingga 21 tahun ini karena pada usia ini mereka akan lebih banyak berinteraksi dengan lingkungan luar.

Baca juga: Cara Mendidik Anak Nakal

Itulah beberapa hal yang wajib untuk Anda ketahui mengenai beberapa hal yang nantinya bisa paham akan cara mendidik anak sesuai sunnah. Semoga tips parenting di atas bermanfaat :)
Facebook CommentsShowHide